RSS

Sayur Bayam dan Segudang Manfaatnya

08 Feb

Siapa tak mengenal bayam? Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Sayuran hijau yang disukai Popeye (film kartun) ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Menurut Marzuki Iskandar, STP, MTP, Dosen Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Depkes RI Jakarta II, kandungan mineral dalam bayam cukup tinggi, terutama Fe yang dapat digunakan untuk mencegah kelelahan akibat anemia. Karena kandungan Fe dalam bayam cukup tinggi, ditambah kandungan Vitamin B terutama asam folat, zaman dahulu bayam dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan melahirkan. Baik mineral Fe atau asam folat berhubungan dengan produksi darah sehingga saat melahirkan, persediaan dalam tubuh cukup. Karena seperti yang kita ketahui, melahirkan akan mengeluarkan sangat banyak darah dan memungkinkan sang ibu kehabisan darah. Selain itu bayam juga baik dikonsumsi oleh wanita pada saat haid.

Tak hanya itu, kandungan asam oksalat dan asam folat juga membuat sayur bayam dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit. Misalnya mengobati eksim, asma, untuk perawatan kulit muka, kulit kepala dan rambut, menurunkan kadar kolesterol, serta mencegah sakit pada gusi. Tetapi manfaat yang besar adalah untuk mengobati rasa lesu, letih, dan kurang bergairah sebagai tanda kurang darah atau anemia.

Kandungan vitamin dalam bayam juga beragam, misalnya vitamin A yang bagus untuk mata serta mempertahankan daya tahan tubuh, sehingga orang tak mudah terserang penyakit. Vitamin C dan E untuk antioksidan sehingga bagi yang rajin mengkonsumsi bayam, bisa memiliki kulit yang halus. Selain itu, antioksidan juga mampu mencegah radikal bebas. Kemudian posfor dapat dimanfaatkan untuk pembentukan tulang dan gigi.

Sayur Bayam

Bahan:

1 ikat bayam, cuci bersih, potong – potong

1 buah wortel, cuci, iris – iris bentuk bunga

250 ml air

Garam dan gula pasir secukupnya

Bumbu:

3 siung bawang merah, iris halus

1 cm lengkuas, memarkan

1 cm kunci

Cara Membuat:

Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan wortel. Lalu masukkan lengkuas, kunci dan irisan bawang merah. Setelah mendidih masukkan bayam. Tambahkan gula pasir dan garam secukupnya. Siap disajikan.

Tips:

  • Merebus bayam jangan terlalu lama, cukup 3 menit. Karena kandungan zat besinya bisa larut dalam air.
  • Bayam jangan dihangatkan atau dikonsumsi lebih dari 5 jam. Karena bayam juga mengandung zat Nitrat (NO3). Kalau teroksidasi oleh udara, maka akan menjadi NO2 (nitrit). Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun bagi tubuh manusia
  • Bisa juga ditambahkan jagung manis dan oyong. [yn-dari berbagai sumber]
 
4 Comments

Posted by on February 8, 2012 in info sehat, resep keluargaku, tips & trik

 

Tags: , , , , , , , , ,

4 responses to “Sayur Bayam dan Segudang Manfaatnya

  1. yuniaz

    February 8, 2012 at 1:32 am

    saya juga suka banget sayur bening bayam, atau kalo bosan, ditumis. nyamm…🙂
    tapi kenapa ya untuk orang tua malah bisa bikin tulang ngilu2

     
    • honeyizza

      February 8, 2012 at 3:23 pm

      Kalo untuk orang tua lebih hati – hati konsumsi bayam, terutama bagi mereka yang punya riwayat rematik dan asam urat. Karena kandungan purin yang tinggi pada sayur bayam bisa menyebabkan rasa ngilu yang berlebih dan asam urat kambuh.

      Kebetulan nenekku punya rematik dan sayur bayam menjadi salah satu pantangannya sejak mengetahui sakitnya itu.. semoga bermanfaat:)

      btw, resep bayam ditumis rasanya baru dengar, boleh bagi resepnya?

       
  2. Evi

    February 8, 2012 at 11:01 pm

    Bayam sayur favoritku mbak. Namun katanya tak boleh pula dimakan terlalu banyak ya, krn bisa menimbulkan asam urat

     
  3. honeyizza

    February 9, 2012 at 3:04 am

    Wahh, penggemar sayur bayam juga tho..?
    Iya mbak, karena kandungan purinnya yang tinggi itu. Asal diselingi minum air putih yang banyak dan tetap jaga keseimbangan nutrisi, kurasa tak apa.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: