RSS

PEPINO, Buah Unik yang Mulai dilirik

27 Jan

pepino ungu

Bermula dari dibawakannya buah lonjong berwarna ungu mirip terong oleh suami saat istirahat makan siang, akupun penasaran akan manfaat buah ini yang menurut banyak orang bermanfaat bagi kesehatan. Terlebih di daerah tempat tinggalku yang notabene daerah pegunungan merupakan salah satu ladang tanaman ini berbuah.

Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan tanah paling subur memang kaya dengan khasanah buah – buahan. Mulai dengan buah – buahan lokal seperti rambutan, mangga, jeruk, pisang, juga diramaikan dengan buah pendatang baru seperti melon dan stroberi yang kemudian dianggap sebagai buah lokal. Saat ini buah – buahan tersebut sudah dibudidayakan secara luas dan mudah ditemui di seantero Indonesia.

Ada satu jenis buah lagi yang mulai dilirik, yaitu pepino. Buah ini berbentuk lonjong menyerupai terong dan warnanya keunguan dengan corak bergaris. Sebenarnya buah tersebut sudah berada di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda, tetapi tidak ada yang meliriknya. Buah tersebut dianggap tidak istimewa dan tidak terlalu manis, tidak asam dan tidak hambar. Lalu apa yang membuat pepino ini mulai dicari? Hal ini dikarenakan adanya informasi gencar yang baik melalui media maupun dari mulut – ke mulut bahwa dari hasil penelitian mutakhir, pepino memiliki keunggulan – keunggulan yang dikaitkan dengan gizi dan kesehatan. Sejauh mana kebenarannya?

Mengenal Pepino

Pepino berasal dari Pegunungan Andes, Amerika Selatan dan tumbuh subur di dataran tinggi yang berhawa sejuk di negara – negara Chili, Peru dan Colombia dan menyebar ke beberapa negara termasuk di Indonesia.

Pepino (Solanum Muricatum Aiton) merupakan buah yang masih satu famili dengan keluarga terong – terongan. Itulah sebabnya bentuknya menyerupai terong dengan varian oval, bulat telur dan agak panjang, beratnya dapat mencapai ¼ kg.

pepino putih

Buah ini berasal dari bahasa Spanyol yaitu pepino dulce yang artinya mentimun manis. Pepino mempunyai banyak nama seperti pepino melon, tree melon, mellow fruit, melosa, melon pear, dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri dikenal dengan nama buah buah husada dewa atau melodi ungu. Rasanya merupakan kombinasi antara mentimun, melon dan blewah. Di Indonesia tumbuh di daerah berhawa sejuk seperti Puncak, dataran tinggi Dieng, dataran tinggi Karo, Sumatera Selatan dan juga di Kota Wisata Batu.

Ada dua jenis pepino yang terdapat di Indonesia, yaitu pepino ungu dan pepino putih. Pepino ungu mempunyai warna kulit berbintik putih dengan corak garis ungu tua dan memiliki daging buah berwarna jingga. Sedangkan pepino putih kehijauan atau berwarna gading dengan corak garis ungu yang bisa berubah kekuningan jika sudah matang dengan daging buah berwarna kuning pucat.

Kandungan Gizi

Dari hasil penelitian mutakhir, ternyata pepino mengandung berbagai zat gizi yang cukup tinggi dalam bentuk vitamin, mineral, dan fitokimia. Mineral yang terdapat dalam pepino  cukup beragam dengan kandungan yang cukup tinggi  seperti zat besi (Fe), seng (Zn), tembaga (Cu), mangan (Mn), zat kapur (Ca), dan Fosfor (P). Tembaga, seng dan mangan merupakan antioksidan. Kandungan vitaminnya yang cukup tinggi yaitu vitamin C (25, 1 mg/ 100 g), betakaroten (26,6 mg / 100 g) juga merupakan jenis vitamin yang bersifat antioksidan kuat. Seperti halnya dengan buah – buahan pada umumnya kandungan seratnya juga tinggi, sedangkan kandungan lemak dan karbohidratnya sangat rendah. Dari beberapa pernyataan di atas, maka tidak heran bila pepino digolongkan sebagai super-fruit.

Diantara peranan antioksidan yang sangat banyak antara lain mencegah penuaan dini, menurunkan resiko penyakit jantung maupun penyakit degeneratif lainnya. Untuk mendapatkan vitamin C secara maksimal, pilihlah jenis buah pepino yang tidak terlalu matang dan dimakan dalam bentuk segar. Sedangkan beta karoten akan diubah dalam tubuh menjadi vitamin A yang selain berfungsi sebagai antioksidan juga berfungsi membantu melancarkan metabolisme, reproduksi maupun menghindari dari rabun senja, xerophthalmia bahkan kebutaan.

Antioksidan baik yang terdapat dalam mineral maupun vitaminnya juga dapat mencegah timbulnya penyakit kanker, paru dan kulit. Sedangkan untuk anak – anak juga dapat meningkatkan kecerdasan. Kandungan seratnya yang tinggi dapat mencegah sembelit, gangguan pencernaan, mencegah wasir bahkan mencegah terjadinya darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Serat juga berperan memudahkan pembuangan sampah hasil pencernaan oleh karena itudapat mencegah timbulnya kanker saluran pencernaan. Bagi penderita diabetes melitus, serat berperan mengendalikan gula darah. Lemak yang rendah mempunyai fungsi untuk menjaga berat badan selalu di kisaran normal. Dari fakta – fakta keunggulan pepino inilah orang banyak melirik buah unik tersebut.

Cara Mengkonsumsi Buah Pepino

Selain agar kandungan gizinya tidak turun, buah pepino sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan segar dan tidak terlalu matang. Karena rasanya yang kurang mengundang selera, diperlukan trik – trik tertentu untuk menyiasatinya. Buah pepino akan lebih enak rasanya bila dikombinasikan dengan buah – buahan lain yang rasanya lebih enak, seperti dibuat jus, sup buah, cocktail dan lain – lain.

Beberapa contoh jus pepino dicampur dengan stroberi, blewah atau melon. Untuk campuran sup buah, pepino dapat dicampur dengan apel, nangka, stroberi, kiwi, mangga yang dipotong – potong kemudian diberi sirup dan susu kental manis. Atau dapat juga sebagai campuran salad, pepino dicampur dengan wortel, buncis, kentang, bit, kacang merah dan lain – lain, kemudian diberi saus thosand island. Sisi yang menguntungkan adalah buah pepino mempunyai rasa netral sehingga mudah dikombinasikan dengan buah – buahan atau sayuran lain sehingga kelezatannya muncul.

-dari berbagai sumber-

Kota Wisata Batu, 27 Januari 2012

 
Leave a comment

Posted by on January 27, 2012 in info sehat

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: