RSS

Percaya gak, DOSA pertama adalah ‘dosa iblis’..?!

24 Jun

Sahabat yg dirahmati Allah, seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa keberadaan umat manusia di dunia ini adalah karena kekhilafan nabi Adam as yang memakan buah khuldi, sehingga Allah swt menurunkannya ke bumi. Maka, banyak dari kita yang menyalahkan nabi Adam as atas keberadaan kita di dunia ini.

Namun, benarkah demikian?!
Ternyata tidak! Dosa yang pertama kali terjadi adalah kesombongan dan pelakunya adalah Iblis. Peristiwa ini diabadikan Allah dalam Al Qur’an, yaitu pada peristiwa penciptaan Adam sebagai khalifah. Ketika itu, iblis dan seluruh malaikat diperintahkan Allah untuk sujud kepada Adam as. Seluruh malaikat menuruti perintah tersebut kecuali iblis.

Perbuatan iblis tersebut dilakukan karena adanya perasaan lebih baik dan lebih sempurna dari Adam. Merasa diri lebih, menjadikan iblis tidak mau tunduk atas perintah Allah.

Ketidakpatuhan iblis terhadap perintah Allah karena merasa diri lebih sempurna inilah yang sering kita sebut sombong. Akibat dari kesombongannya tersebut, Allah menurunkan laknatnya hingga akhir zaman pada diri iblis dan segala keturunannya. Padahal sebelum ada perintah untuk tunduk pada Adam, Iblis adalah sosok yang sangat patuh dan tunduk kepada Allah. Beliau selalu bertasbih dan memuji Allah. Kesalahan yang dilakukan Iblis tidak membuat dirinya merasa bersalah, bahkan ia menantang Allah dengan meminta izin kepada Allah agar ia dapat menggoda Adam dan seluruh keturunannya sampai akhir zaman. Iblis dengan segala daya upayanya akan selalu mengajak manusia untuk keluar dari jalan yang lurus, untuk ingkar kepada Allah. Dan iblis telah bersumpah akan menyesatkan seluruh keturunan Adam, kecuali orang orang pilihan, yakni orang yang bertakwa dengan sebenar benarnya.

Wallahu’alam bishawab.

Sumber: Al Qur’anul karim (QS Al Hijr: 26-40)

 
Leave a comment

Posted by on June 24, 2011 in artikel

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: