RSS

Yuk, belajar bikin cake Moskovis Kukus..!

23 Jun

Moskovis kukus. Itulah salah satu jenis ‘cake’ lapis klasik yang popular dan favorit dari dulu hingga sekarang. Walaupun banyak anggapan cake ini kuno tetapi penampilan  dan rasa moskovis  tidak selalu tertinggal, bahkan karena yang kuno – kuno bisa menjadi bernilai tinggi dan menimbulkan rasa kangen.

Di dunia kuliner, sudah bukan menjadi rahasia jika cake klasik ini masih banyak dicari orang.  Selain lebih mudah, rasanya lezat, cake klasik tergolong aman karena mayoritas tidak menggunakan bahan tambahan makanan.

Memang banyak orang enggan membuat moskovis yang penampilannya berlapis – lapis, karena cara membuatnya rumit dan membutuhkan kesabaran. Tetapi justru karena itulah moskovis buatan sendiri tentu akan memberikan kepuasan tersendiri (sudah terbukti loh….) Selain itu, membuat cake berlapis bisa dikembangkan menjadi cake yang layak jual loh..

Agar rasanya enak, pemakaian bahan yang digunakan harus diperhatikan. Selain itu, tampilan moskovis yang berlapis-lapis tentunya bisa dibayangkan bagaimana proses pembuatannya. Adonan diolah selapis demi selapis, tentu waktu yang dibutuhkan tidaklah sebentar. Jadi agar sukses membuat cake moskovis, kuncinya adalah kesabaran, ketelatenan, dan waktu yang dituntut untuk membuat cake ini.

Dengan penanganan yang sedemikian rupa, soal rasa dan warna, penampilan moskovis bisa divariasikan. Anda ingin mencoba membuat cake lapis moskovis sendiri di rumah? Jangan takut gagal, karena caranya cukup gampang. Ayo simak cara membuatnya yukkk….

Bahan – Bahan yang dibutuhkan:

Bahan A:
Tepung terigu Bogasari Segitiga Biru 100 gr
Tepung maizena 20 gr
Susu bubuk 15 gr
Baking powder ½ sdt

Bahan B:
Putih telur 150 ml (1/4 kg)
Gula halus 200 gr
Garam ¼ sdt
Cake emulsifier ½ sdm

Bahan C (campur rata):
Susu kental manis 40 ml (1 sachet)
Santan 100 ml

Bahan D:
Manisan buah kering 100 gr
Kismis 100 gr, cincang kasar
Kayu manis bubuk 1 sdt
Cokelat bubuk 50 gr, untuk taburan

Olesan:
Selai blueberry 100 gr (bisa divariasikan sesuai selera)

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan A, ayak hingga tercampur rata.
  2. Kocok semua bahan B hingga kental dan mengembang. Masukkan bahan A sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata. Terakhir tuang bahan C secara bergantian, aduk hingga tercampur rata.
  3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, satu bagian tambahkan manisan buah kering, aduk rata. Sisa adonan tambahkan kismis dan kayu manis,  aduk rata.
  4. Siapkan loyang datar ukuran 30 x 22 x 2 cm yang telah diolesi margarine (margarine dipanaskan lebih dulu, supaya merata dioleskan di loyang) dan dialasi kertas roti. Tuang sebagian adonan manisan buah, lalu kukus selama 10 menit, angkat dan tekan – tekan lapisan permukaan cake hingga rata agar permukaan rata dan tidak menggembung.
  5. Taburi dengan cokelat bubuk dan ratakan (lebih mudah jika cokelat sambil diayak saat menaburi). Tuang sebagian adonan kismis, lalu kukus selama 10 menit, angkat dan taburi dengan cokelat bubuk lagi. Lakukan untuk sisa adonan secara berlapis – lapis, pada pengukusan terakhir kukus selama 20 menit hingga matang, angkat dan dinginkan.
  6. Oles permukaan cake dengan selai blueberry, lalu gulung hingga padat dan potong – potong sesuai selera.
  7. Sajikan.

karena terlalu tebal, jadi tidak bisa digulung... tetep enak kok, potong-potong aja. dijamin tetep abis dilahap. hehehe🙂

Berdasarkan pengalaman pribadi penulis
pada hari Jum’at  17 Juni dan Rabu 22 Juni
(catatan resep diambil dari tabloid Lezat edisi 170 November 2010)

 
Leave a comment

Posted by on June 23, 2011 in artikel, tips & trik

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: