RSS

Rahasia di Balik Sujud

22 Jun

Sahabat, dalam sehari berapa kali qt melakukan gerakan sujud?! Pernahkah qt menghitungnya..?!

Nah, ternyata, gerakan sujud dalam shalat tergolong unik. Mengapa? Falsafahnya adalah manusia menundukkan diri serendah-rendahnya, bahkan sejajar dengan permukaan tanah.

Dari sudut pandang fisiologi, sujud sangat baik untuk kesehatan karena ketika seseorang bersujud, banyak sekali aliran darah yang mengalir ke kepala dengan lancar. Selain itu, bagus juga untuk meningkatkan kecerdasan karena pasokan darah ke otak sangat banyak.

Menurut ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan dari sudut pandang psikologis) yang didalami Prof. Saleh, gerakan sujud mengantar manusia pada derajat setinggi-tingginya. Mengapa? Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan darah. Pada saat bersujud, posisi jantung berada di atas kepala yang memungkinkan darah mengalir secara maksimal ke otak. Itu artinya, otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang ‘tuma’ninah’ dan kontinyu dapat memacu kecerdasan.

Nah, mari kita memperbanyak sujud-sujud kita. Terutama sekali di waktu-waktu terbaik, yakni di saat sepertiga malam terakhir.

Wallahu’alam bishawab.

Sumber: Al Qur’anul karim

 
Leave a comment

Posted by on June 22, 2011 in hikmah

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: