RSS

ASI = Makin ASLI Makin HANGAT

14 Jun

Bayi Anda sering sakit – sakitan?! Telitilah, jangan – jangan ia terlalu banyak mengkonsumsi susu formula dan kurang mendapatkanair susu ibu alias ASI. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, bayi yang disusui oleh ibunya cenderung lebih baik kesehatannya dibandingkan dengan bayi pengguna susu formula.

Dengan menyusui, interaksi antara ibu dan anak juga dapat terjalin sejak dini secara intensif. Demikian penelitian dari Millenium Cohort Study, sebagaimana dikutip dalam laman Guardian, Mei lalu.

Ini proyek penelitian yang dilakukan Universitas Oxford, Essex dan York, bersama – sama dengan Universitas College London. Mereka menggunakan data dari Cohort Millenium yang melakukan surveyiterhadap bayi yang lahir di Inggris selama periode 12 bulan antara tahun 2000 dan  2001. Lebih dari 10.000 pasang ibu dan bayi ambil bagian dalam survei itu. Mereka diwawan carai saat bayi berusia Sembilan bulan dengan selang dua tahunan.

Hasil penelitian ini ditulis di jurnal Archives of Disease in Childhood. Mereka member dua penjelasan atas temuan mereka. Salah satunya bahwa ASI mengandung sejumlah besar asam lemak esensial, yang dikenal memiliki peran penting dalam pengembangan dan fungsi otak dan system saraf pusat.

Mereka menyimpulkan, menyususi mengarah ke lebih banyak interaksi antara ibu dan anak.

Peter Kinderman, professor Psikologi Klinis di Universitas Liverpoll, menyebut bahwa, “Ada ikatan emosional antara ibu dan anak yang berlangsung selama menyusui” disbanding dengan susu formula.

Dengan kata lain, menyusui mampu membangun ikatan emosional dan kehangatan antara orang tua dengan si bayi di kemudian hari.

Sebenarnya, hasil penelitian ini sama dengan perintah Allah SWT dalam Al Qur’an surat Al Baqarah : 233; yang memerintahkan para ibu untuk menyusui anak – anaknya selama 2 tahun penuh.

Karenanya, wahai para ibu, berbahagialah jika memiliki bayi dan mampu meyusui mereka sebagaimana perintah Allah.

 

Artikel Kesehatan
Dari Majalah Hidayatullah Edisi Juni 2011

 
Leave a comment

Posted by on June 14, 2011 in artikel, hikmah, keluarga

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: