RSS

Ayah, Kami Rindu Belaianmu…!!

10 Jun

Barangsiapa yang tidak menyayangi ia tidak akan disayangi (HR. Muslim)

Dalam setiap seminar parenting  yang sering dilakukan, mayoritas peserta 80% adalah para ibu. Mungkin, para ayah lagi belum ada waktu untuk mengikuti seminar. Namun, lama – kelamaan, asumsi tersebut mulai berubah, karena dari material feed back yang diterima dan dari pertanyaan – pertanyaan yang sengaja dilontarkan kepada para ibu, menegaskan bahwa menurut paradigma mereka para ayah bertugas untuk mencari nafkah, sementara para ibulah yang bertugas mengurus dan mendidik si buah hati. Betulkah?

Tapi memang tidak sepenuhnya salah. Alangkah lebih bijak kalau paradigm berpikir kita para orang tua mulai diubah. Tugas merawat, membesarkan, dan mendidik anak bukan hanya tugas para ibu. Memberikan pengetahuan, teladan, serta mendidik anak – anak juga tanggung jawab para ayah. Bukankah amanah berupa anak bukan hanya untuk ibu? Bukankah titipan berupa anak itu juga untuk ayah?!

Hasil riset dan para psikologi banyak yang menyatakan bahwa peran ayah sangat penting dalam pertumbuhan seorang anak. Ikatan emosional antara ayah dan anak ditentukan salah satunya oleh interaksi antara ayah dan anak itu sendiri. Interaksi yang baik antara anak dan ayah ini dikatakan sangat memengaruhi kecerdasan emosional seorang anak yang membuatnya tumbuh menjadi sosok dewasa yang berhasil.

Di bawah ini adalah tips bagi seorang ayah:

1.       Bermain bersama

Waktu ayah mungkin sangat padat. Tapi, secapek apapun, seletih apapun, luangkanlah waktu untuk bermain bersama dengan anak. Ciptakan permainan yang menyenangkan; kuda – kudaan, pesawat terbang, sembunyi – sembunyian. Sesuaikan dengan usia anak. Hal ini akan semakin mempererat hubungan emosional antara ayah dan anak. Ayah perlu juga menyelipkan nilai – nilai positif dari setiap permainan tersebut. Anak juga akan berbahagia mendapat kesempatan bersama sang ayah untuk bersenang – senang. Beraktivitas bersama cenderung sedikit memiliki masalah sosial. Mereka bahkan akan mengembangkan pribadi lebih sehat dan stabil .

2.       Terlibat dalam kehidupan sosial anak

Ketika anak mula beranjak usia sekolah, dia akan memulai kehidupan sosial yang baru. Usahakan terlibat dalam kehidupan sosial anak, misalnya dengan mengenali teman – temannya, dengan siapa dia bergaul, aktivitas yang dia lakukan bersama temannya atau nama guru TK / SDnya.

3.       Jadiah pendengar yang baik

Kesibukan kerja terkadang membuat kita mengabaikan cerita – cerita untuk anak. Berikan keseimbangan antara kerja dan keluarga, atau usahakan jangan membawa urusan pekerjaan ke rumah. Luangkan waktu 5 menit saja untuk mendengarkan celotehannya dan mengerti betul isi cerita itu.

Jangan hanya ‘mengiyakan’, agar cerita anak cepat selesai atau mengatakan ‘nanti ayah sedang sibuk’. Sebersit wajah kecewa akan Nampak dan membuat anak akan semakin malas untuk bercerita pada kita. Akhirnya, kebiasaan bercerita dan sharing dari anak akan menghilang. Jadi, jangan kita megeluh bila anak tidak terbuka suatu hari nanti, karena kebiasaan ini dimulai dari respon kita sebagai pendengar yang baik atau tidak.

4.       Komunikasi yang baik

Bila kita dinas ke luar kota atau tinggal terpisah berjauhan dengan anak, usahakanlah tetap menjalin komunikasi dengan baik, melalui telepon atau chatting via internet. Tunjukkan perhatian kita, rasa sayang kita melalui telepon, sms atau surat.

Anak adalah amanah kita, para orang tua. Amanah ini suatu saat kelak akan dimintai pertanggungjawaban oleh ALLAH SWT. Yang akan dimintai pertanggungjawaban adalah para ayah sebagai kepala keluarga. Mari kita ubah paradigm kita tentang pengasuhan anak ini, bahwa mendidik anak adalah tanggung  jawab bersama.

Wallahu a’lam bishawab.

Tips Parenting Skill
oleh Rahman Arif

 

 
Leave a comment

Posted by on June 10, 2011 in keluarga, tips & trik

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: