RSS

Khasiat Kacang Adas

14 Feb

Diambil dari suara Hidayatullah edisi 09, Januari 2011

Dan ingatlah ketika kamu berkata: ‘ Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu, mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan umi, yaitu sayur mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya.”

Q. S Al Baqarah : 61

Dalam ayat ini Al Qur’an menyebut kacang adas. Kacang ini merupakan satu dari Sembilan tumbuhan obat yang dianggap bermukjizat.

Pada zaman nabi Ibrahim ia menjadi menu jamuan sehingga selalu tersedia dan tidak pernah kosong. Para penduduk di desa Nabi Ibrahim terus menerus menanamnya. Menurut Al Khulaimi dalam tafsir Qurtubi, adas adalah makanan orang – orang shaleh. Umar bin Abdul Aziz selalu memakannya.

Para orang shaleh memakan biji ini karena dapat menurunkan berat badan sehingga memudahkannya melakukan ibadah. Memakan biji ini bisa mengurangi syahwat. Karenanya para ulama terdahulu setelah memakan daging selalu makan adas untuk mengimbangi efek yang ditimbulkan oleh daging yang dikenal cepat membangkitkan syahwat.

Buah adas rasanya manis pedas berbau aromatic dan bersifat menghangatkan. Hasil penelitian modern menunjukkan bahwa beberapa bahan kimia yang terkandung dalam adas diantaranya minyak asiri 0,3 – 6 %, fanchom, meti, chavicol, dan anis keton. Selain itu ia jga mengandung senyawa kimia seperti kamfena, limonene1, 8 sineol, arginin, dianethole, rutin dan stigmasterol.

Efek farmakologis yang dimiliki adas diantaranya menambah daya tahan tubuh, obat flu, anti kholinesterase, mengatasi ejakulasi dini, mencegah kemandulan, memperkuat daya hidup sperma, pemicu pengeluaran hormon androgen, melemahkan potensi sperma, merangsang pengeluaran hormon estrogen, penambah semangat dan vitalitas.

Adas juga berperan dalam menghambat pengeluaran enzim Aldosereduktase, fosfodiesterase, dan lipoksiginase. Selain itu juga dapat memperlambat penuaan, merangsang terjadinya ovulasi dan melindungi hati dari gangguan dan racun (anti hepatotoksik). Stigmaserol pada buah ini dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan hormone steroid atau obat KB.

Adas juga sering digunakan sebagai penyempurna atau pengharum rasa coklat (corrigens) dan pegawet alami bahan makanan tanpa efek samping.

 
2 Comments

Posted by on February 14, 2011 in info sehat

 

Tags: , ,

2 responses to “Khasiat Kacang Adas

  1. zainuri

    February 14, 2011 at 7:48 am

    ditunggu juz kacangnya ya…🙂

     
  2. Bell Boy Wonder

    May 12, 2013 at 9:49 am

    Kalau di Jakarta beli di mana ya ?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: