RSS

Khasiat Jeruk

31 Dec

Jeruk Indonesia

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda, “Permisalan seorang mukmin yang membaca Al Qur’an ialah seperti buah jeruk, rasanya manis dan aromanya harum”. (Riwayat Bukhari Muslim)

Menurut Adim Abadi, buah jeruk selain manis rasanya, aromanya harum dan warnanya bagus, juga memiliki banyak manfaat atau khasiat. (Aunul Makbud, Juz 13, hal 122).

Diantara khasiat buah ini bila diletakkan pada pakaian dapat mencegah ngengat (sejenis serangga). Aromanya bisa menetralisir udara kotor.  Apabila ditahan di mulut bisa mengharumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap, serta membantu proses pencernaan jika digunakan dalam campuran makanan. Ibnu Sina dalam kitab Al Qanun menulis, “Perasan kulitnya dapat digunakan sebagai pembalut luka, abu dari kulitnya merupakan penggosok yang baik terhadap lepra”.

Adapun daging buahnya bermanfaat untuk mengurangi panas perut. Juga bermanfaat bagi penderita penyakit empedu.  Al Ghafiqi menuturkan, “Memakan daging buahnya  bermanfaat terhadap wasir  (sembelit)”.

Sedangkan mengenai manfaat bijinya, Ibnu Marawaih mengatakan, “Khasiat bijinya bermanfaat terhadap bisa (racun) yang mematikan, dengan cara merendam biji tersebut dalam air hangat. Kemudian air rendaman biji tadi diminum seukuran dua mitsqal (dua timbangan) masing – masing seberat kira – kira dua puluh lima gram. Juga akan sangat bermanfaat apabia biji tersebut dilumat dan diletakkan pada bagian tubuh yang terkena sengatan.”

Sebagian dokter Arab mengatakan, “Khasiat biji jeruk bermanfaat terhadap sengatan kalajengking, dengan cara meminum dua mitsqal air rendaman biji yang diperoleh dengan merendam biji tadi dalam air hangat. Juga bermanfaat jika dilumatkan dan diletakkan pada tempat sengatan.”

Sedangkan lainnya mengatakan, “Bijinya bermanfaat terhadap segala yang terkena racun dan segala sengatan beragam jenis serangga.”

Jeruk sangat baik dikonsumsi oleh kaum wanita karena kandungan lycopene yang ada di dalamnya dapat mencegah penyakit kanker payudara. Bagi ibu hamil, ia dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat. Selain itu jug dapat memperbaiki jaringan sel sel kulit yang sudah mati, sehingga bagus untuk kulit.

Jeruk juga baik untuk anak – anak karena mengandung flavonoids yang dapat menjadi sel imun dan antibodi yang berguna untuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang flu dan pilek. Ia juga sebagai asupan vitamin bagi anak – anak.  Sedangkan jeruk instan baik berupa kemasan kotak atau sachet, tidak baik untuk anak karena mengandung bahan pewarna dan pengawet, yang bila terlalu serig dikonsumsi dalam jangka panjang akan menimbukan sel kanker.

Karena manfaatnya yang demikian banyak, maka pantaslah jika jeruk dijadikan permisalan bagi eksistensi seorang mukmin yang gemar membaca Al Qur’an.

From. Hidayatullah edisi 007, Nopember 2010

 
Leave a comment

Posted by on December 31, 2010 in artikel

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: