RSS

About Friendship..

21 Dec

Persahabatan adalah fitrah kemanusiaan.
Kita diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk sosial yang hampir selalu membutuhkan jalinan hubungan dengan sesama.

Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya: “Orang mukmin itu menjalin persahabatan dan mau dijalin, tak ada kebaikan bagi orang yang tidak mau menjalin persahabatan dan tidak mau dijalin. Sebaik-baik orang adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

Persahabatan membuat kita semakin baik. Jika kita tidak punya seseorang yang memperhatikan perilaku kita, perkataan kita atau pilihan2 hidup kita. Boleh jadi, kita akan menjadi manusia yang paling egois di dunia. Kita tidak punya ‘second opinion’ alias pendapat kedua tentang hidup kita. Saat kita melakukan kesalahan dan tidak punya sahabat, maka kita akan terus saja melakukan kesalahan tanpa seorangpun yang peduli.. Sungguh menyedihkan.

Sabda rasul, “seorang mukmin adalah cermin bagi mukmin yang lain”

Sahabat sejati selalu jujur dan menginginkan sahabatnya untuk menjadi baik, baik menurut aturan Allah dan RasulNya serta baik dihadapan orang orang mukmin. That’s the trully friendship..!

“Seseorang itu sejalan dan memiliki gaya hidup yang sama dengan sahabatnya, maka hati hatilah dalam memilih sahabat” (H.R Ahmad)

Mengapa demikian..?!

Sebab, manusia adalah makhluk sosial yang selalu berinteraksi dan berhubungan dengan sesamanya. Karena itu, ia akan cenderung meniru dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Rasulullah bersabda:

“Sebaik baik sahabat atau saudara adalah seseorang yang apabila Engkau lupa (khilaf/melakukan kesalahan), maka ia mengingatkanmu dan apabila engkau ingat, ia membantumu.”

Seorang filsuf terkenal, Aristoteles mengatakan “sahabat terbaikku adalah seorang yang menghendakiku berkeinginan baik demi kepentinganku sendiri.”

Sahabat sejati akan selalu saling mengisi dan saling bertukar pendapat, agar senantiasa mendapatkan pendapat yang terbaik. Karena, jika selalu sepakat, bisa jadi itu cuma palsu belaka, bukan?

“Barangsiapa tidak suka menyakiti, abadilah persahabatan dengannya dan barangsiapa tidak membebani, abadilah kecintaan padanya” (Imam Syafi’i)

Tidak ada seorang pun yang tidak pernah tidak melakukan kesalahan, sebab manusia adalah tempat segala khilaf dan dosa.

Emang sakit, jika sahabat terdekat kita menyakiti hati kita. Sebab, kedekatan menimbulkan perasaan dan keinginan lebih diperhatikan, lebih dihargai dan lebih disayang. Maka, ketika seseorang yang dekat itu tidak bisa memenuhi harapan kita atau menyakiti kita, rasa kecewanya akan lebih dalam, dibanding jika kesalahan itu dilakukan oleh orang yang tidak dekat dengan kita. So, cintailah sahabatmu sekadarnya, jangan berlebihan. Coz, cinta yang berlebihan menghasilkan harapan yang berlebihan pula. Jika tidak terpenuhi, maka sangat menyakitkan.

Sabda rasul:

“Cintailah apa yang kau cintai sewajarnya saja, mungkin suatu hari ia akan menjadi sesuatu yang kau benci. Bencilah apa yang kau benci sewajarnya saja, mungkin suatu hari ia akan menjadi sesuatu yang kau cintai”.

Special kupersembahkan tuk sahabatku..

Batu, 21 Des’ 10
Sahabat-sahabatku, Batang 10.10.10 – Marliyanti Yanti photo’s

 
Leave a comment

Posted by on December 21, 2010 in kisahku

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: